Sejarah Sepeda "Onthel"

    1:54 PM
    Pada tahun 1790 sepeda pertama kali bermula. Di eropa tepatnya di Inggris , sepeda pertama kali diciptakan dan diberi nama Celeriferes dan Hobby Horses. Keduannya belum mempunyai sistem kemudi dan sistem kemudi seperti sepeda di jaman sekarang. Hanya dua buah roda pada sebuah rangka kayu..

    Celerifere

    Walupun seperti itu , sepeda pada masa itu sudah cukup membantu untuk pekerjaan sehari hari atau pun berjalan. Penemuan sepeda pada masa itu berkat Baron Karl Von Drais. Von Drais merupakan mahasiswa matematika dan mekanika di Heidelberg, Jerman.Oleh Von Drais juga Hobby Horse dimodifikasi lagi dengan ditambahkan sistem kemudi pada roda depan. Dengan mengambil tenaga kaki Von drois pun menggunakannya untuk berkeliling kebun . Ia pun menamakan sepeda buatannya dengan nama Draisienne. Dan beritanya di muat di Koran Jerman pada tahun 1817.

    Baron Karl Von Drais dan Draisienne

    Proses selanjutnya dilakukan oleh Kirkpatrick Mac millan pada tahun 1839. Ia menambahkan batang penggerak yang menghubungkan antara roda belakang dan roda depan. Untuk menjalankannya tinggal mengayuh pedal yang ada.

    James starley mulai membangun sepeda di Inggris di tahun 1870. Ia memproduksi sepeda dengan roda depan yang sangat besar dengan roda belakang yang kecil. Sepeda ini sangat popular di eropa, karena starley membuat terobosan dengan menciptakan roda berjari dengan metode cross tangent. Sampai saat ini teknologi tersebut terus digunakan karena memberi kemudahan dalam mengayuh sepeda. Kekurangan sepeda tersebut terletak pada roda depan yang sangat besar. Ini menjadi dilema karena bagi orang yang perawakan kecil atau wanita susah untuk mengendarainya.


    Modern Bicycle

    Sampai akhirnya, keponkan james starley yaitu John Kemp Starley menciptakan sepeda yang lebih aman untuk dikendarai siapa saja pada tahun 1886. Sepeda tersebut sudah menggunakan rantai untuk menggerakan roda belakang dan kedua roda berukuran sama. Namun penemuan yang tak kalah pentingnya berhasil diciptakan John Boyd Dunlop pada 1888. Dunlop berhasil menemukan ban sepeda yang bisa diisi dengan angin(pneumatic tire). Dari sinilah, awal kemajuan sepeda sangat pesat.

    John Boyd Dunlop

    2 comments:

    cinta indonesia said...

    dulu pke tnaga kaki ya? klo bsk onthel pke tnaga surya bsa nggak yaa? makasih udh sharing..
    happy blogging!!!

    Miliana said...

    nice info makasih yah

    Elever Agency

    Post a Comment

    Readers may send comments on this post. The contents of comments not represent the views, opinions or policies Koper Klasik and entirely the responsibility of the sender.

    Readers can report a comment if it is considered unethical, abusive, defamatory, or redistributed. Koper Klasik will consider each complaint and may decide to keep or delete the comment display.