Merawat Sepeda Onthel

    4:45 AM

    Sepeda onthel memerlukan perlakuan khusus, khususnya sepeda onthel yang telah berusia puluhan tahun. Merawat sepeda onthel sudah menjadi keharusan apalagi sepeda onthel tersebut habis kita gunakan dijalanan berdebu, becek maupun hujan. Debu-debu yang menempel rentan menjadi karat yang kurang sedap dipandang mata. Untuk itu kita harus sangat tekun dalam merawat sepeda onthel yang kita cintai.
    Berikut adalah kiat-kiat merawat onthel, tidak perlu harus menjadi teknisi handal dan alat-alat mekanik yang mahal. Kita hanya perlu meluangkan waktu dan ada kemauan tinggi untuk merawat sepeda tersebut.

    • Lepaskan semua aksesoris yang menempel disepeda kita seperti tas, sadel dan lain-lain. Cucilah sepeda anda dengan air yang bertekanan sedang. Dan pakailah sabun atau sampo motor untuk membersihkannya. Gunakan sikat lantai untuk merontokan lumpur yang menumpuk disela-sela ban. Dan bersihkan hub, velg, jeruji dan rantai gir. Selanjutnya bilas dengan air bersih.
    • Keringkan sepeda anda sesegera mungkin dengan kanebo yang mudah menyerap air. Miringkan kekanan dan kekiri sepeda anda agar air yang terperangkap di dalam frame bisa keluar.
    • Bersihkan rantai dan gear dengan degreaser untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Tunggu sampai kering setelah itu lumasi dengan cairan pelumas rantai.
    • Optional** berilah zat pelapis frame untuk melindungi frame/rangka dari percikan kerikil-kerikil waktu kita gowes sepeda kita dijalan.
    • Poleslah frame/rangka sepeda onthel dengan minyak kelapa agar lebih mengkilap.Selanjutnya pasang semua aksesoris dan cek kembali baut-baut yang kendor dan kencangkan kembali. Cek pula rem, gir dan lampu. Dan pastikan juga tekanan angin di dalam ban sempurna. Pastikan semuanya telah tepasang dengan benar dan kencang.

    Demikian…

    Salam Koper

    1 comments:

    Miliana said...

    jadi seperti itu cara merawatnya makasih yah

    EMI

    Post a Comment

    Readers may send comments on this post. The contents of comments not represent the views, opinions or policies Koper Klasik and entirely the responsibility of the sender.

    Readers can report a comment if it is considered unethical, abusive, defamatory, or redistributed. Koper Klasik will consider each complaint and may decide to keep or delete the comment display.